Kapoposang Surga Kecil yang terletak di Selat Makassar


      
Tampak Pulau Kapoposang dari arah timur
Mendengar nama Kapoposang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pencinta diving dan snorkling. Betapa tidak, pulau ini adalah salah satu tujuan penyelaman bagi para maniak diving dan snorkeling dari dalam Negeri maupun Mancanegara. Pulau berpenghuni ini, mempunyai keindahan alam bawah laut yang sangat indah dan mempesona dengan bentuk topografi pulau berupa tebing-tebing karang yang terjal di bagian sisi utara pulau sehingga dapat membuat para penyelam terpesona menyaksikan keindahannya.


Pulau kapoposang terletak diselat Makassar dan merupakan pulau terluar dari gugusan Kepulauan Spermonde yang secara administrasi berada dalam wilayah Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan. Kapoposang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai Taman Wisata Alam Laut  pada tahun 1990 bersama Pulau Tambakulu, Suranti, Kondong bali dan Pulau pamanggagangan.


Tidak ada transportasi reguler untuk menuju Kapoposang, sehingga anda harus mencarter Speed boad dari dermaga Popsa Makassar dengan waktu tempuh 1 sampai 2 jam. Sesampai di Kapoposang anda bisa menginap di salah satu resort atau di rumah-rumah penduduk.

Terdapat beberapa spot penyelaman di Kapoposang seperti, Shark poin, Cave point, Nakano poin, Tanjung point, Aquarium Point, Turtle Point, Januar Point dan Marjono point yang dapat anda nikmati dengan rata-rata visibility sekitar 20-30 Meter. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Kapoposang yaitu pada Bulan April - November ketika angin bertiaup dari timur, pada saat itu laut kapoposang sangat teduh.

Wall Kapoposang