Indahnya Pulau Sagori



Pulau Sagori merupakan salah satu gugusan pulau yang terpisah dari daratan pulau Kabaena bersama Pulau Wakao dan Pulau Motaha yang secara administratif berada di Kecamatan Kabaena barat, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Pulu-pulau tersebut membentuk barieer (penghalang) yang memanjang dari arah Utara sampai ke Selatan Pulau Kabaena. Sagori sendiri mempunyai terumbu karang berbentuk atoll karang (cincin karang) yang sangat luas sedangkan daratan pulaunya melengkung kearah selatan.

Untuk menikmati keindahan Pulau Sagori, dapat menaiki perahu katinting dengan menempuh jarak kurang lebih 20 menit dari Pelabuhan Sikeli. Pulau yang mempunyai panjang kurang lebih 2 km dan lebar kurang lebih 300 meter tersebut menyuguhkan panorama alam laut yang begitu indah dan menakjubkan sehingga Anda yang pernah berkunjung ke pulau ini akan terpesona melihat keindahanya. Bentangan pasir putih yang memanjang dari arah Timur ke Barat dan kondisi perairan yang sangat jernih adalah daya tarik Pulau Sagori. Begitu menginjakan kaki di pulau tersebut, Anda sudah akan disuguhi pemandangan berbeda, yaitu melihat dari dekat pegungugan Kabaena yang terkenal dengan Gunung Batu Sangianya.
Lebih Jauh masuk kedalam pulau, Anda akan melihat berbagai aktifitas masyarakat yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Keramahan masyarakatnya yang berasal dari berbagai etnis suku, seperti Suku Bajo, Buton, dan Bugis merupakan keunikan tersendiri dan mereka hidup rukun antara satu dengan lainya. Setelah melewati perkampungan tersebut, akan terlihat pohon-pohon cemara yang berukuran besar yang tumbuh menutupi setiap sisi-sisi pulau, seolah-olah kita berada di dalam hutan belantara. Menjelang siang hari, sinar matari yang sangat terik yang menyinari pulau akan terhalang oleh pohon-pohon tersebut sehingga anda akan merasa sejuk karena hanya merasakan hembusan angin yang berhembus terus menerus. 
Berbagai aktifitas yang dapat di lakukan di Sagori adalah mulai dari berwisata pantai seperti mandi-mandi, snorkeling dapat Anda lakukan. Selain itu jika Anda hobi diving, Sagori menyediakan keindahan bawah laut yang tidak kalah indahnya dengan daerah lainnya yang merupakan daerah tujuan diving. Bentuk topografi pulau yang berupa drop off dan reef slope dengan berbagai jenis biota di dapat dijumpai. Selain itu, terdapat 5 buah kapal  dagang VOC dan beberapa kapal lainya yang terdampar di pulau ini yang bangkai kapalnya masih ada sampai sekarang sehingga disebut salah satu pulau terangker di dunia oleh salah satu program televisi swasta nasional.