Menikmati liburan akhir pekan di Pulau lae-lae kecil, Makassar


Pulau lae-lae kecil atau  yang biasa disebut “gussung tallang “ merupakan  pulau yang berjarak 1. 6 km dan dapat diakses  hanya dalam waktu 5 menit menggunakan speed boad dari dermaga popsa makassar. Dengan hanya membeli karcis penyebrangan seharga 15 ribu PP, anda sudah   dapat menikmati keindahan  pulau berpasir putih ini,  yang sangat ramai di kunjungi setiap sabtu dan minggu di pagi hari.

Sebenarnya, pulau ini  tidak terbentuk secara alamiah, melainkan  terbentuk karena adanya sebuah tanggul peredam ombak. Pada awalnya tanggul ini dibangun untuk meredam ombak yang masuk ke areal pelabuhan Makassar yang  dibagun  memanjang dari  utara ke selatan ± 1 km.  Namun karena proses sedimentasi yang terjadi secara terus menerus dan sudah berlansung lama, sehingga di bagian sisi utara tanggul terjadi penumpukan pasir putih yang lama kelamaan semakin membesar dan melebar sehingga membentuklah pulau.






Awal terbentukya pulau ini, tandus dan tidak berpenghuni. Namun karena semakin banyaknya orang yang  datang berkunjung kepulau tersebut, sehingga masyarakat di sekitar pulau tersebut datang membangun gazebo-gazebo  sebagai tempat untuk peristrahatan.  





Berbagai aktifitas dapat di lakukan di pulau gusung mulai dari sekedar  mandi-mandi, snorkling dan bahkan diving. Jika anda mahir berenang dan snorkling, anda dapat memberi makan ikan-ikan yang jinak  dengan membawa  mie  instan atau roti yang di masukan  kedalam botol. Bagi anda yang hobi diving pulau ini sangat cocok untuk muck diving.